Sabtu, 01 Mei 2010

STUDI KASUS SISTEM INFORMASI PEMASARAN

DESKRIPSI BENGKEL MOTOR PLAZA

Bengkel motor plaza merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa dapat dikatakan sukses apabila dapat mempertahankan konsumennya serta dapat menarik konsumen pesaing. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan jasa yang diinginkan konsumen dengan cara menciptakan produk yang sesuai keinginan konsumen, harga yang sesuai, pelayanan yang berkualitas serta aspek fisik jasa itu sendiri, sehingga jasa yang dihasilkan sesuai dengan keinginan serta harapan konsumen. jika produk jasa yang ditawarkan tersebut sesuai dengan kebutuhan serta harapan, maka konsumen akan merasa puas.

DEFINISI PERMASALAHAN

Bertitik tolak dari kondisi pemasaran yang ada, maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat dan efektif dalam menghadapi dunia pemasaran yang semakin ketat, sehinggga mendapatkan laba secara maksimal dan dapat meningkatkan persaingan pasar pada masa yang akan datang.

Dari uraian diatas maka pendefinisian masalah adalah sebagai berikut :

1. Bagaimana letak posisi strategis pemasaran bengkel motor plaza?

2. Bagaimana realisasi strategi pemasaran bengkel motor plaza dalam melakukan pemasaran?

3. Bagaimana strategi pemasaran yang seharusnya?

TUJUAN PENGEMBANGAN SISTEM

Tujuan didirikannya suatu perusahaan pada intinya adalah mencari keuntungan seoptimal mungkin dengan menggunakan berbagai sumber daya yang dimilikinya secara efektif dan efisien. Tujuan ini dipandang paling realistis karena meliputi pertimbangan berbagai aspek yang mempengaruhi kelayakan suatu keputusan finansial dan menyangkut tentang bagaimana mendapatkan dana serta mengalokasikannya seefisien mungkin. Pada umumnya perusahaan yang berorientasi bisnis mempunyai tujuan untuk mendapatkan laba semaksimal mungkin agar perusahaan tersebut mampu menjaga kelangsungan operasionalnya dan melakukan pengembangan usaha. Mengingat semakin berkembangnya dunia industri, maka para pengusaha dituntut untuk mengelola usahanya secara serius dan memanfaatkan peluang-peluangyang ada sehingga mampu bersaing dengan para pesaingnya dan dapat bekerja secara ekonomis.

DESAIN UMUM SISTEM

Pada bagian desain umum system ini akan dibahas mulai dari desain yang berupa Data Flow serta kamus data ayau Data Dictionary

DATA FLOW DIAGRAM KONTEKS


Suku cadang

konsumen

Rounded Rectangle: System pemasaran Laporan data barang

Daftar barang

persetujuan

Gambar 1 DFD Konteks

DFD PENJABARAN UNTUK SISTEM PEMASARAN

Dari Data Flow Diagram konteks, dapat dijabarkan secara lebih detail menjadi DFD seperti berikut ini :

Laporan barang

Rounded Rectangle: Mencatat  hasil penjualan Data barang penjualan


Catatan barang

Rounded Rectangle: Memproses pembayaranRounded Rectangle: Membuat daftar barang Catatan barang

Data konsumen

Bayar barang bukti pembayaran



Gambar 2 DFD penjabaran

KAMUS DATA (DATA DICTIONARY)

Berikut adalah kamus data dari berbagai bagian data yang telah dikumpulkan :

1.Nama data : konsumen

Keterangan : data tentang identitas konsumen

Sumber : bengkel motor plaza

Struktur data :

Nama Field

type

Lebar

Nomor urut

Nama konsumen

Alamat

Character

Character

Character

4

20

20

2. Nama Data : Barang

Keterangan : Data tentang barang

Sumber : Bengkel motor plaza

Struktur Data :

Nama Field

type

lebar

Nomor barang

Nama barang

keterangan

Character

Character

memo

8

20

1

DESAIN SPESIFIK SISTEM

Desain spesifik meliputi desain menu utama, desain input atau pemasukan data serta desain output

Desain menu utama

Menu utama dari program system informasi pemasaran, dapat dilihat hirarkinya seperti yang terdapat gambar berikut


Laporan - laporan

Data Konsumen

barang

Gambar 3 Hirarki Menu Utama




IMPLEMENTASI SISTEM

Implementasi system informasi pemasaran ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman visual basic. Sesuai dengan bahasa pemprograman yang dipakai, maka system ini membutuhkan spesifikasi perangkat sebagai berikut

Software :

1. system operasi windows 2003

2. Microsoft visual basic

3. Driver-driver penyerta

Hardware :

1. PC dengan processor Pentium III keatas atau yang setara

2. RAM minimal 64 MB (dianjurkan 128 MB)

3. Harddisk dianjurkan 20 GB

4. CD ROM

5. Floppy Drive 3 ½ inchi

Implementasi coding dan pembuataan prosedur dapat dilihat pada disket program yang disertakan pada buku ini.

5 komentar:

  1. Terimakasih banyak min sudah berbagi..sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas Sistem Informasi..

    BalasHapus
  2. itu DFD nya knp gitu ya ? mksh..

    BalasHapus
  3. sepertinya gambarnya crash, wajar aja sih ya soalnya postingan 5 tahun lalu sih

    BalasHapus
  4. padahal perlu kali dfd nya aaaa :'(

    BalasHapus